Welcome

Kamis, 10 Januari 2013

(cobalah) untuk mencintai buku!

Iqra' (Bacalah) dan perintah pertama yang turun adalah membaca. Buku adalah teman yang yang setia, guru yang tak pernah marah ia juga mata air yang mengaliri ilmu, dan apapun arti buku buatmu, buatku aku cinta.
Sejak umurku belum genap 5 tahun, bapak sudah membelikan buku cerita dongeng bergambar. Masa anak-anak sampai remaja, aku akrab dengan majalah Bobo, kawanku sampai majalah Intisari kakek yang "kucuri" dari lemari beliau, juga tabloid Nova punya mama.
Sebenarnya tanpa sadar aku ada didekat buku. Waktu kuliah memang jarang membeli buku, setelah kerja baru mulai lagi. Bayangkan, 2 tahun di Jakarta mesti memaketkan lebih dari 20kg buku dan majalah sebelum pulang. Aku lebih menyukai "shopping" buku dari pada baju, tas atau sepatu.
Aku masih milih-milih buku, yang gak "berat", kebanyakan novel atau seri travelling.

Dengan buku aku merasa menjelajahi dunia, mempelajari budaya, dan mengambil pengalaman si penulis tanpa repot harus benar-benar mengalaminya.
Buku, aku ingin punya perpustakaan dan pustaka itu kelak akan jadi harta warisan buat anakku. Anak harus cerdas bukan pintar, karena dengan cerdas dia mampu membijaki keadaan.

Aku sering bertanya pada orang terdekat, "suka membaca?" ada yang menjawab suka, lumayan bahkan tidak.
Membaca sesungguhnya tidak cuma dari buku, memaknai kejadian demi kejadian juga bentuk "membaca". Percayalah dengan semakin banyak tau, hidup Insya Allah akan lebih mudah. Buat siapapun yang BELUM suka membaca, coba ambil 1buku dari genre yang paling kamu sukai, dan tanyai orang apa buku itu bagus dan cukup ringan? Mulai dari sana, lama-lama akan terbiasa, malah bisa-bisa lupa waktu.
Orang diluar negeri lebih banyak menghabiskan waktu membaca dibanding orang kita. Bahkan ikon sebuah universitas ternama dunia tampak dari kelengkapan koleksi bukunya, padat pengunjung pustakanya. Dan mereka MAJU, unggul dari kita. Jangan mau kalah, dan Allah telah menurunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk, dan perintah untuk membaca.

Catatan Chi, Happy Reading :)

3 komentar:

  1. Berkunjung... chy, uda ganti blog kn, yang lamo ndak uda pakai lai... jan lupo follow baliak blog uda yo,, :D

    BalasHapus
  2. banyak temen2ku gak suka baca.... Males aja katanya :)

    BalasHapus